AL-QUR’AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP MANUSIA

طس تِلْكَ آيَاتُ الْقُرْآنِ وَكِتَابٍ مُبِينٍ (١)هُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ (٢)

1. Thaa Siin[1090] (Surat) ini adalah ayat-ayat Al Quran, dan (ayat-ayat) kitab yang menjelaskan,
2. untuk menjadi petunjuk dan berita gembira untuk orang-orang yang beriman,
(QS. An-Naml, 1-2)


Al Qur’an adalah kitab terakhir yang diturunkan oleh Allah ke bumi, sebagai penyempurna dari kityab-kitab terdahulu, yang keasliannya selalu terjaga sepanjang zaman. Sebagai sebuah kitab, Al-Qur’an berkedudukan sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat manusia, terutama seorang muslim. Benarkah kita sudah mengamalkan sisi dari apa yang terdapat dalam Al-Qur’an tersebut? Ataukah kita hanya sekedar membacanya saja?

Sungguh sayang sekali jikalau kita hanya menjadikan Al-Qur’an ini hanya sebagai sebuah bacaan semata, apalagi oleh umat muslim pada umumnya. Padahal, hampir dari seluruh orang-orang yang menjadi seorang muallaf, menerima hidayah setelah mereka mengetahui isi dan kandungan dari ayat-ayat Al-Qur’an. Merngapa hal tersebut bisa terjadi?

وَإِنَّهُ فِي أُمِّ الْكِتَابِ لَدَيْنَا لَعَلِيٌّ حَكِيمٌ (٤)

4. dan Sesungguhnya Al Quran itu dalam Induk Al kitab (Lauh Mahfuzh) di sisi Kami, adalah benar-benar Tinggi (nilainya) dan Amat banyak mengandung hikmah. (QS Az-Zukhruf, 4)

Ya, karena Al-Qur’an merupakan kitab yang banyak mengandung hikmah, dalam segala hal. Mulai dari ilmu pengetahuan hingga kehidupan social, hamper semuanya tercantum dalam kumpulan ayat-ayat al-Qur’an.

Allah mernurunkan Al-Qur’an, karena Dia-lah Ar-Rahman dan Ar-Rahim, dikarenakan sifat penyayangnya pada umat manusia, agar manusia bisa mengerti, apa yang seharusnya mereka lakukan, dan apa yang seharusnya mereka jauhi, sehingga manusia bisa selamat dalam meniti jalannya di dunia maupun di akhirat dengan selamat.

وَاتَّبِعُوا أَحْسَنَ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ بَغْتَةً وَأَنْتُمْ لا تَشْعُرُونَ (٥٥)

55. dan ikutilah Sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya, (QS. Az-Zumar, 55)


Oleh karena itu saudaraku umat muslim sekalian, selama kita masih diberi kesempatan oleh Allah, mari kita gunakan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Mari kita cintai Al-Qur’an kita, dan mari kita mempelajari isi dan kandungannya. Niscaya, Allah akan senantiasa memberikan petunjuk bagi kita. Semoga apa yang saya sampaikan disini dapat memberi manfaat, amiin…

0 komentar:

Posting Komentar

Buat Nambah Uang Jajan