Supaya Shalat Menjadi Khusyuk

Pasti kita semua sebagai seorang muslim, sangat menginginkan sekali agar bisa melaksanakan shalat secara khusyuk. Shalat khusyuk adlah suatu kenikmatan tersendiri, yang hanya bisa diperoleh apabila kita melaksanakan shalat secara bersungguh-sungguh. Tetapi, hal diatas itu masih belum cukup. Mengapa? Karena seringkali diantara kita ketika menjalankan shalat, lupa untuk menghadirkan hati.

Hati adalah faktor yang cukup penting untuk bisa melaksanakan shalat secara khusyuk. Pasti akan sulit sekali untuk berkonsentrasi ketika shalat, apabila hati kita masih berpikir kemana-mana. Hasilnya, tentu saja shalat kita menjadi tidak karuan, yang pada akhirnya kan berujung pada pertanyaan seperti ini : “saya tadi shalat sudah rokaat yang keberapa yah?”.

Nah, pastinya akan amat disayangkan apabila kita sudah susah-susah melaksankan shalat, tetapi amalan shalat kita belum diterima oleh Allah lantaran kita kurang khusyuk dlam menyembahnya. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, maka kita harus mengusahakan bagaimana caranya supaya shalat kita ini bisa menjadi khusyuk. Bagi saudara umat muslim sekalian, saya punya beberpa tips yang mudah-mudahan dapat membantu agar shalat kita menjadi lebih khusyuk. Berikut ini tipsnya :

1. Beranggaplah, bahwa ketika shalat itu Allah sedang berada di depan kita. Jika dirasa sulit untuk membayangkan hal yang demikian, kita harus meyakinkan diri kita, bahwa Allah sedang melihat pelaksanaan shalat kita, sehingga kita akan menjadi lebih berhati-hati dalam pelaksanaan shalat.
2. Memahami makna bacaan. Memahami makna bacaan itu adalah salah satu hal yang penting dalam pelaksanaan shalat. Dengan memahami makna dari surat yang kita baca ketika shalat, tentunya menjadikan surat yang sedang kita baca maknanya akan meresap ke dalam hati.
3. Pahami makan dzikir kita. Ketika kita sedang melakukan rukuk atau sujud, tentunya tak lepas dari dzikir bukan? Nah, kita harus mampu mengetahui makna sebenarnya dari dzikir tersebut. Jadi, dzikir tersebut bukanlah sekedar bacaan di lisan saja, tetapi dimantapkan dengan pengikraran di dalam hati.
4. Memandang tempat sujud. Perhatian kita dalam shalat akan menjadi lebih terpusat apabila kita memandang kea rah tempat sujud. Janganlah terlalu banyak melirik atau memandangkan mata kita kea rah lain, karena hal tersebut menjadikan konsentrasi kita m,enjadi mudah terpecah.
5. Jangan suka mempermainkan anggota badan. Yang saya maksud dengan mempermainkan disini adalah terlalu banyak melakukan pergerakan badan yang tidak perlu. Mengapa, karena hal tersebut merupakan hal yang dimakruhkan oleh rasul, dengan kata lain apabila kita melakukannya, maka pahala shalat kita akan menjadi berkurang.
6. Memanjangkan rukuk dan sujud. Ketika melaksanakan shalat, janganlah kita melakukan rukuk dan sujud itu terlalu cepat. Nikmatilah saat-saat kita menundukkan kepala dan merendahkan diri di hadapan Allah. Terdapat sebuah hadis yang berbunyi : “Sesungguhnya jarak yang paling dekat antara Allah dengan hambanya itu adalah ketika bersujud Oleh karena itu, perbanyaklah doa diwaktu itu.”
7. Menjauhi kebimbangan dalam shalat. Menjadikan manusia bimbang di dalam shalat adalah target setan, untuk menjadikan kita tidak khuyuk dalam menjalankan shalat. Oleh karena itu ketika melaksanakan shalat, usahakan untuk membuang jauh pikiran ragu dan bimbang dalam diri kita, karena hal tersebut akan merusak tatanan urutan ibadah shalat kita.

Sekian dulu tulisan saya kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, Amiin…

2 komentar:

myhaloo mengatakan...

bagus banget tulisannya
makasih bro

diwan mengatakan...

assalamu'alaikum wr.wb
punya panduan bacaan dan terjemahannya tak? ex : disaat kita ruku bacaannya pake arab dan diterjemahkan pake bahasa indonesia kalo ada tlong dunk kirim ke email
diwan_setya_1@yahoo.com
plisss....
wassalam...
orang awam

Posting Komentar

Buat Nambah Uang Jajan